Selasa, 20 Maret 2018

Ingredient 08/03/18

Serai



pada tahun 1899 tanaman sereh wangi jenis Mahapengiri dari Srilangka ditanam di Kebun Raya Bogor. Sedangkan sumber lain menulis, sereh wangi jenis Mahapengiri justru dianggap asli Indonesia. Ketika itu, sampai tahun 1902, hanya terdapat dua buah industri penyulingan yang mampu menunjukkan eksistensinya, yaitu; pabrik Odorata milik Kaffer di Cicurug, dan Cikancana di Cianjur. Hanya sayang pada waktu itu minyak sereh wangi asal Jawa belum mampu bersaing dengan minyak sereh wangi asal Ceylon. Akan tetapi setelah tahun 1900, konsumen Eropa justru mulai tertarik kepada minyak sereh wangi produk Jawa. Bahkan pada tahun 1919, produk ekspor minyak sereh wangi asal Jawa berhasil menandingi ekspor dari Ceylon.



    NutrientUnit1 Value per 100 g1 cup = 67.0g1 tbsp = 4.8gWaterg70.5847.293.39Energykcal99665Proteing1.821.220.09Total lipid (fat)g0.490.330.02Carbohydrate, by differenceg25.3116.961.21Manfaat sereh untuk kesehatan seperti dapat membantu  mengurangi gangguan lambung, insomnia, gangguan pernafasan, demam, nyeri, infeksi, rematik dan edema. Pertahanan Antioksidan ramuan sereh akan membantu untuk mempertahankan tingkat kolesterol, kesehatan selular, sistem saraf, kulit yang sehat dan sistem kekebalan tubuh. Sereh juga efektif dalam mengobati diabetes tipe 2, kanker, obesitas dan membantu detoksifikasi. Hal ini banyak digunakan dalam aromaterapi dan membantu untuk mengurangi kelelahan, kecemasan dan bau badan.


    - Tumbuh berumpun.
    - Tinggi sekitar 50-100 cm.
    - Daunnya tunggal berjuntai, panjang bisa mencapai 1 m, lebar 1,5 cm,
    - Bagian bawahnya agak kasar.
    - Tulang daun sejajar berada ditengah.
    - Batang tidak berkayu, berusuk-rusuk pendek.
    - Berwarna putih dan akarnya serabut.


    Lemon





    Lemon memiliki nama ilmiah Citrus limon. Lemon termasuk family Rutaceae, dari genus Citrus, termasuk di dalamnya adalah jeruk biasa, jeruk bali, tangerine, dan grapefruit (jenis jeruk besar). Lemon merupakan buah dengan ukuran terkecil diantara buah lain dalam genus Citrus. Meskipun ukurannya kecil, Tapi ternyata khasiat lemon sangatlah besar.
    Lemon adalah tanaman asli Asia. Buah ini diduga berasal dari kaki bukit Himalaya, timur laut India. Kemudian dari sana, lemon tersebar di seluruh daerah Timur Tengah, benua Eropa, benua Afrika, dan bahkan sampai ke Amerika.

    Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%Kalori29 kal–Karbohidrat9,3g–Air89%–Protein1,1g–Gula2,5g–Serat2,8g–Lemak0,3g–Vitamin A1µg0%Vitamin C53mg59%Vitamin D0µg–Vitamin E0,15mg1%Vitamin K0µg0%Vitamin B1 (Thiamine)0,04mg3%Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg2%Vitamin B3 (Niacin)0,1mg1%Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,19mg4%Vitamin B6 (Pyridoxine)0,08mg6%Vitamin B9 (Folat)11µg3%Vitamin B120µg–Cholin5,1mg1%Kalsium26mg3%Zat Besi0,6mg8%Magnesium8mg2%Fosfor16mg2%Potassium (Kalium)138mg3%Sodium2mg0%Seng (Zinc)0,06mg1%Tembaga (Copper)0,04mg4%Manganese0,03mg1%Selenium0,4µg1%


    1. Hilangkan bau tak sedap.

    Manfaat yang satu ini pastinya sudah sering dilakukan ya. Lemon mengandung asam yang mampu mengusir bau amis dan aroma lain yang kurang sedap. Cukup peras lemon dan lumuri pada daging, bebek, ikan, jeroan, seafood, dan lainnya dalam proses marinasi. Diamkan beberapa saat dan bahan masak apapun akan bebas amis!


    2. Empukkan daging.

    Selain menghilangkan bau amis, lemon juga ampuh untuk mengempukkan daging yang alot seperti daging sapi, kambing, cumi segar, dan sebagainya. Caranya tidak jauh beda dengan proses marinasi, yakni peras jeruk lemon dan lumuri atau rendam bahan alot pada air perasan lemon. Setelah itu, simpan dalam kulkas selama beberapa jam.


    3. Bersihkan perkakas dan alat masak.

    Faktanya, ada alat masak yang sebetulnya tak boleh sering dicuci dengan sabun cuci piring misalnya teflon. Oleh karena itu dipakailah bahan-bahan alami untuk membersihkan perkakas atau alat masak tersebut, dan salah satunya adalah lemon. Bersihkan berbagai perkakas seperti teflon dan perkakas kayu dengan air perasan lemon, setelah itu cuci dengan air bersih dan tiriskan. Selain membersihkan aroma tak sedap,


    4. Hilangkan noda kunyit dan bau bawang di tangan.

    Entah memarut kunyit atau memotong bawang, pasti ada noda atau bau yang tertinggal di tangan. Dengan air perasan jeruk lemon, kita bisa mengusahakan noda-noda tersebut supaya lenyap dari tangan. Untuk noda kunyit, peras jeruk lemon dan campurkan airnya dengan baking soda. Setelah jadi pasta, lumuri bagian tangan atau kuku yang terkena noda kuning. Nah kalau bau bawang, cukup peras lemon dan lumuri airnya pada tangan anda.


    5. Menyimpan buah potong agar tetap segar dan tidak browning.

    Mau bawa bekal apel atau pir potong, tapi takut browning? Tak perlu bingung karena buah lemon siap membantu! Asam yang terkandung dalam lemon dapat menghambat oksidasi dan menjaga buah tetap renyah. Caranya, rendam buah potong dalam larutan air dan air perasan jeruk lemon.


    6. Mengurangi rasa pedas di mulut.

    Kalau makan oseng mercon, pasti rasa pedasnya awet di lidah ya. Untuk meredakannya, sediakan air perasan lemon saja. Rasa asam yang cukup kuat dapat menggantikan rasa pedas. Apalagi kalau dicampur air hangat dan sedikit gula, jadilah lemonade hangat yang pas sekali untuk menutup makan-makan pedas anda.


    Pohon lemon bisa tumbuh hingga setinggi 6 meter. Meskipun tinggi, pohon lemon juga bisa ditanam di pot asal sering dipangkas agar tidak tumbuh terlalu tinggi. Daun pohon lemon memiliki panjang sekitar 5 cm hingga 10 cm, dan memiliki buah dengan ukuran yang hampir sama. selain itu, pohon ini menghasilkan buah berwarna kuning yang memiliki rasa asam khas. Bunga pohon lemon memiliki aroma mirip buah lemon dan berwarna kemerahan saat masih kuncup dan berwarna putih setelah mekar.terdapat beberapa lusin varietas pohon lemon. Beberapa varietas memiliki biji, sedang yang lain tanpa biji. Beberapa varietas pohon lemon paling populer diantaranya termasuk Eureka dan Lisbon di AS, serta Ovalem Femminello di Italia.


    Jagung














    Yang berdasarkan petunjuk sejarah, dalam hal ini ilmu Arkeologi telah mengarah pada budidaya jagung primitif di bagian selatan Meksiko, Amerika Tengah sejak 7000 tahun lalu. Hal ini dapat dilihat dari sisa-sisa tongkol jagung kuna yang ditemukan di Gua Guila Naquitz, Lembah Oaxaca yang berusia sekitar 6250 tahun. Dengan penemuan tongkol jagung utuh itu sekaligus menjadikannya sebagai tongkol jagung tertua yang ditemukan di gua-gua dekat Tehuacan, Puebla, Meksiko yang berusia sekitar 3450 SM.

    Untuk sementara itu, suku Olmek dan Maya diduga telah membudidayakan jagung di seantero Amerika Tengah sejak 10.000 tahun yang lalau dan mengenal berbagai teknik pengolahan hasil. Teknologi ini dibawa ke Ekuador, Amerika Selatan sekitar 7000 tahun yang lalau, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4000 tahun yang lalu. Pada saat itulah berkembang tanaman jagung yang dapat beradaptasi dengan suhu rendah di kawasan Pegunungan Andes, kemudian sejak 2500 SM, tanaman jagung telah dikenal di berbagai penjuru Benua Amerika.


    Kalori (kcal) 365

    Jumlah Lemak 4,7 gLemak jenuh 0,7 gLemak tak jenuh ganda 2,2 gLemak tak jenuh tunggal 1,3 gKolesterol 0 mgNatrium 35 mgKalium 287 mgJumlah Karbohidrat 74 gProtein 9 gVitamin A0 IUVitamin C0 mgKalsium7 mgZat besi2,7 mgVitamin D0 IUVitamin B60,6 mgVitamin B120 µgMagnesium127 mg

    Melancarkan pencernaan

    Baik bagi ibu hamil

    Menyehatkan mata

    Menyehatkan jantung

    Kaya kalori dan vitamin

    Kaya mineral

    Mencegah anemia


    1. berkeping tunggal atau monokotil

    2. berakar serabut

    3. Daun jagung adalah daun sempurna.

    4. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun

    5. Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah (diklin) dalam satu tanaman (monoecious)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar